IMG-LOGO
Beranda Berita UMPurworejo Lolos Kompetisi Mahasiswa Wirausaha Tingkat Nasional
Bidang Kemahasiswaan

UMPurworejo Lolos Kompetisi Mahasiswa Wirausaha Tingkat Nasional

Kemahasiswaan - 18 Juli 2022 121 Diliat
IMG

Universitas Muhammadiyah Purworejo kembali meraih prestasi tingkat nasional dalam ajang Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek RI. Empat proposal mahasiswa UMPurworejo mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendanaan dan berkompetisi dalam program P2MW.

 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Budi Setiawan, M.Si, mengatakan bahwa P2MW merupakan kompetisi program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha. Dalam program ini mahasiswa akan mengembangkan usaha mereka melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melaukan pendampingan serta pelatihan (coaching). Tahun ini, ada 16 mahasiswa yang memperoleh kesempatan untuk mengembangkan usaha melalui program ini. Mereka berkesempatan untuk mengembangkan usahanya melalui program ini.

 

Dia mengatakan prestasi ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, mahasiswa, tim taskforce P2MW serta para dosen.

 

Sementara itu, keempat kelompok mahasiswa yang dimaksud ada pada beberapa kategori. Dua kelompok lolos pada kategori industri kreatif, seni, budaya, dan pariwisata, satu kelompok pada kategori makanan dan minuman, dan satu kelompok pada kategori jasa dan perdagangan.

 

Kelompok pertama diketuai oleh Sumiati (Pendidikan Fisika) bersama 3 anggota lainnya, serta Umi Pratiwi, S, Si., M. Sc sebagai dosen pembimbing. Kelompok ini mengangkat proposal berjudul “dKetos Bamboo Craft Spesialis Besek Kreasi”.

 

Kelompok kedua diketuai oleh Ridwan Hidayatullah (Teknologi Informasi) bersama 4 anggota lainnya, serta Wahju Tlahjo Saputro S.Kom. M.Cs sebagai dosen pembimbing. Kelompok ini mengangkat proposal berjudul “Estu Coffee Meningkatkan Kesejahteraan Petani Kopi Kabupaten Purworejo”.

 

Kelompok ketiga diketuai oleh Prisnadela (Manajemen) bersama 3 anggota lainnya, serta Ir. Didik Widiyantono, M.Agr sebagai dosen pembimbing. Kelompok ini mengangkat proposal berjudul “Pawon Jamur DENARUM Olahan Jamur Praktis dan Higienis”.

 

Terakhir, kelompok keempat diketuai oleh Sannis Hening Astuti (Psikologi) bersama 2 anggota lainnya, serta Dyah Panuntun Utami, S.P., M.Sc sebagai dosen pembimbing. Kelompok ini mengangkat proposal berjudul “Selaras Suai Carry Your Happiness".

 

Dalam pengembangan wirausaha mahasiswa ini secara khusus akan di dampingi oleh Unit Inkubator Bisnis UMPurworejo. Mereka nantinya akan berkesempatan untuk mengembangkan pemasaran produk mereka melalui market place “harga mahasiswa” yang telah dikembangkan UMPurworejo.