IMG-LOGO
Beranda Berita TIM PHP2D Si MaCo UM Purworejo Meraih Juara 3 Abdidaya Kategori Lembaga Mitra Desa Tahun 2021
Himpunan Mahasiswa

TIM PHP2D Si MaCo UM Purworejo Meraih Juara 3 Abdidaya Kategori Lembaga Mitra Desa Tahun 2021

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika - 06 Desember 2021 330 Diliat
IMG

Tim PHP2D Si MaCo Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika; Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo) berhasil meraih juara ketiga kompetisi dari Kemendikbud Ristekdikti dalam ajang Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021.

 

Pengumuman juara abdidaya digelar pada Senin (06/12). Dalam ajang ini, Tim PHP2D Si MaCo menjalankan pengabdian masyarakat di Desa Condongsari; Kecamatan Banyuurip; Kabupaten Purworejo yang mengangkat sistem layanan mandiri terpadu digitalisasi desa dan toko online desa.

 

Dosen Pembimbing, Umi Pratiwi S.Si., M.Sc mengungkapkan dalam kompetisi yang digelar oleh Kemendikbud Ristek tim mahasiswa dari Program Studi Fisika UM Purworejo yang meraih juara 3 mengangkat  judul Si MaCo (Sistem Smart Condongsari): Sistem Smart Village Berbasis Android Sebagai Layanan Mandiri Terpadu; Pelatihan Digitalisasi Desa Utuk Perangkat Desa dan Penguatan Ekonomi Warga Melalui E-Commerce Toko Desa UMKM Home Industri di Desa Condongsari; Kecamatan Banyuurip; Kabupaten Purworejo. Tim PHP2D Si MaCo ini merupakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo yang terdiri dari 12 orang. Tim ini sudah melakukan berbagai tahapan seleksi PHP2D 2021  dari mulai penyusunan proposal; seleksi administrasi, seleksi substansi; lolos pendanaan; masuk nominasi lembaga mitra desa; hingga memperoleh juara 3 abdidaya kategori lembaga mitra desa.

 

Umi menambahkan, ini merupakan kejuaraan yang pertama kali diperoleh oleh tim dari Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika UM Purworejo. Selaku dosen pembimbing dan sekaligus Ketua Program Studi Pendidikan Fisika mengaku bangga dengan mahasiswanya. Dari UM Purworejo, beberapa tim lainnya selain mendapat penghargaan nominasi juga mendapat juara terfavorit.

 

“Tim yang meraih juara mengajukan program terkait sistem layanan mandiri digitalisasi desa dan penguatan ekononomi melalui aplikasi e-commerce toko online desa UMKM Home Industri sebagai upaya mewujudkan desa yang lebih mandiri,” ungkapnya, Senin (6/12).

 

Salah satu mahasiswa ketua tim PHP2D Si MaCo, Lili Wahyuningsih mengungkapkan; bahwa program Tim Si MaCo menjalankan program bersama lembaga mitra desa yaitu Pemerintah Desa Condongsari; Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, BumDes Condongsari. Masyarakat desa Condongsari juga ikut terlibat dalam program PHP2D Si MaCo seperti beberapa UMKM dan  ibu-ibu PKK.

 

Adapun lembaga pendidikan ProTechno Robotic School Purworejo dan Koperasi Podomoro yang sudah menjadi mitra sekaligus narasumber rangkaian acara program kami. Program yang sudah kami lakukan yaitu melakukan penyusunan database data desa, database umkm desa, pembuatan aplikasi Si MaCo, pelatihan aplikasi Si MaCo sebagai layanan surat online dan juga sebagai toko online desa baik sebagai admin maupun user, pelatihan inovasi produk, workshop, dan pendampingan.

 

“Semoga dengan adanya aplikasi Si MaCo ini dapat memudahkan perangkat desa Condongsari  dalam melakukan administrasi dan juga warga dapat mengurus keperluan surat menyurat  dimana saja dan kapan saja menggunakan ponsel tanpa harus datang ke balai desa,” ungkapnya.

 

“Harapan kami ke depan semoga program ini dapat memberikan banyak manfaat untuk pemerintah Desa Condongsari dan menjadikan desa lebih mandiri;” tuturnya.

 

Lili menambahkan, prestasi yang telah diraih ini diharapkan dapat memotivsi mahasiswa lainnya, khususnya di UM Purworejo dan pada umumnya di Indonesia, bahwa mahasiswa sebagai agen of change, kita perlu berinovasi.

 

“Dengan ini juga membuktikan bahwa Universitas Muhammadiyah Purworejo mampu bersaing dengan kampus-kampus lain di Indonesia, khususnya di Program Studi Pendidikan Fisika;” imbuhnya.