IMG-LOGO
Beranda Berita TIM PHP2D 2021 Si MaCo Menggerakkan Semangat Berwirausaha Melalui Penguatan Inovasi Produk Lokal dan Pemanfaatan e-Commerce
Himpunan Mahasiswa

TIM PHP2D 2021 Si MaCo Menggerakkan Semangat Berwirausaha Melalui Penguatan Inovasi Produk Lokal dan Pemanfaatan e-Commerce

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika - 23 November 2021 246 Diliat
IMG

Purworejo - Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 Si MaCo Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan kegiatan pelatihan inovasi produk berupa stik dan coklat dengan bahan dasar tempe. Kegiatan ini dibuka oleh saudari Hesti Noviyanti sebagai pembawa acara dan di pandu oleh Tariska Widiastuti dan Lili Wahyuningsih yang dihadiri kurang lebih 20 orang peserta ini terdiri dari Perangkat desa, BUMDES, Ibu- ibu PKK dan beberapa warga yang bertempat di Balai Desa Condongsari, Minggu (21/11/2021). Para peserta antusias dan bersemangat dalam mengikuti serangkaian kegiatan inovasi produk sampai akhir.

 

Tindaklanjut dari kegiatan pelatihan inovasi produk ini adalah Acara Workshop Inovasi Produk, Selasa (23/11/2021). Kegiatan Workshop Inovasi Produk berlangsung di Balai Pertemuan Desa Condongsari dengan tetap memperhatikan anjuran protokol kesehatan. Kegiatan ini terdiri dari pembukaan oleh pembawa acara yakni Veri Sariah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Abi Diana, menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Fadilla Nur Ramadhani, selanjutnya acara sambutan dari ketua Tim PHP2D Si MaCo Lili Wahyuningsih dan sambutan Kepala Desa Condongsari yakni Bapak Cahyo Saptono, S.Si. Acara workshop ini dihadiri oleh kurang lebih 35 orang peserta. Bapak Cahyo Saptono, S.Si. selaku kepala Desa Condongsari mengatakan program PHP2D merupakan kegiatan pertama yang diadakan di Desa Condongsari. Sesuai dengan tema workshop inovasi produk yaitu “Menggerakan Semangat Berwirausaha Melalui Penguatan Inovasi Produk Lokal dan Pemanfaatan e-Commerce Menuju Desa Condongsari yang Mandiri” diharapkan kegiatan ini sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas dan produktivitas UMKM desa serta dapat membangun kemandirian warga dan mempersiapkan pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing dengan fokus kepada bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, dan pengembangan sumber daya manusia.

 

Dilanjutkan acara inti yakni pemaparan materi. Acara inti dipandu oleh Ayu Nita Prastiwi sebagai moderator. Sesi pertama yaitu, Pemaparan materi yang pertama oleh Bapak Murhadi, S.Pd. T. M. Eng. Selaku Dosen Teknologi Informasi Universitas Mudahammadiyah Purworejo dengan tema Pemanfaatan e-Commerce Si MaCo Sebagai Digitalisasi Pemasaran Menuju Desa Condongsari yang Mandiri. Sesi kedua yaitu, Pemaparan materi yang kedua oleh Ibu Siti Sopiyah selaku Ketua Koperasi Podomoro dengan tema Strategi Berwirausaha Melalui Inovasi Produk Lokal. Sesi yang ketiga adalah diskusi. Peserta Workshop Inovasi Produk begitu antusias mengikuti kegiatan ini bahkan beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung dengan kedua pemateri. Acara workshop ini diakhiri dengan sesi foto bersama.