IMG-LOGO
Beranda Berita dKetos Bamboo Craft Spesialis Besek Kreasi Lolos P2MW
Bidang Kemahasiswaan

dKetos Bamboo Craft Spesialis Besek Kreasi Lolos P2MW

Kemahasiswaan - 18 Juli 2022 103 Diliat
IMG

Dalam ajang bergengsi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2022, tim d’Ketos Bamboo Craft spesialis Besek Kreasi kategori Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata berhasil lolos pendanaan P2MW 2022.

 

Produk d’Ketos Bamboo Craft memiliki tujuan untuk berkontribusi dalam melestarikan kearifan lokal melalui besek kreasi yang ramah lingkungan dengan memberdayakan pengrajin besek lokal Dusun Ketos agar meningkat kesejahteraannya.

 

Produk d’Ketos Bamboo Craft hadir karena termotivasi dan terinovasi dari kondisi ibu rumah tangga di Dusun Ketos yang mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, ibu rumah tangga membuat besek konvensional. Namun akhir-akhir ini penjualan besek konvensional menurun drastis. Besek konvensional hampir hilang karena gempuran kantong plastik yang mulai masuk menggantikan peran dari besek konvensional. Dengan bentuk dan warna yang masih monoton membuat besek konvensional kurang diminati. Hal tersebut membuat pendapatan penghasilan yang semakin menurun. Sehingga tim d’Ketos Bamboo Craft bekerja sama dengan ibu rumah tangga di Dusun Ketos untuk berperan dalam proses penganyam besek kreasi.

 

Produk d’Ketos Bamboo Craft merupakan hasil kerajinan tangan dari anyaman bambu yang mempunyai dua bagian yaitu bagian bawah sebagai wadah dan bagian atas sebagai penutup. Bentuk dari produk d’Ketos Bamboo Craft memiliki ukuran standar yaitu 18 cm × 18 cm, selain ukuran standar produk d’Ketos Bamboo Craft dapat melayani pesanan custom. Produk d’Ketos Bamboo Craft memiliki tiga variasi warna dengan bahan alami warna kuning dari kunyit, warna merah dari daun jati, dan warna hijau dari daun suji. Harga jual satu pasang produk d’Ketos Bamboo Craft untuk ukuran standar sebesar Rp 2.000,00 sehingga sangat terjangkau dan untuk ukuran custom harga jual produk d’Ketos Bamboo Craft menyesuaikan dengan tingkat kerumitannya. Rumah produksi d’Ketos Bamboo Craft terletak di Dusun Ketos Rt 04 Rw 02, Desa Triwarno, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. d’Ketos Bamboo Craft dikelola oleh 4 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Purworejo.