IMG-LOGO
Beranda Berita TIM PHP2D 2021 Si MaCo Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPFIS) UM Purworejo: Tumbuhkan Digitalisasi Sistem Smart Village
Himpunan Mahasiswa

TIM PHP2D 2021 Si MaCo Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HIMAPFIS) UM Purworejo: Tumbuhkan Digitalisasi Sistem Smart Village

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika - 27 September 2021 92 Diliat
IMG

Purworejo – Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi semakin pesat. Setiap desa tentunya memiliki ratusan bahkan ribuan data penduduk maupun data lainnya. Di era digital saat ini, pengolahan data penduduk secara konvensional dirasa kurang maksimal untuk diterapkan di era ini. Oleh karena itu, diperlukan manajemen data yang baik agar masyarakat mudah mengakses dan memproses administrasi seperti manajemen database desa. Database merupakan suatu aplikasi penyimpanan data. Sistem database tersebut sangat cocok diterapkan pada masa Covid-19, dimana dalam mengakses dan memproses database tidak perlu dilakukan secara konvensional, tetapi dapat dilakukan secara online berbasis digital dengan menggunakan aplikasi Si MaCo. Si Maco kepanjangan dari Sistem SMart Condongsari yang merupakan suatu Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2021 Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (Himapfis) Universitas Muhammadiyah Purworejo yang memperoleh hibah pendanaan dari Kemendikbud Ristek untuk mengabdi di Desa Condongsari Banyuurip, Purworejo.

 

Maka dari itu, Tim PHP2D Si MaCo Himapfis menggelar Pelatihan Aplikasi Si MaCo bersama Perangkat Desa Condongsari Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo guna memberikan motivasi serta memberikan penguatan digitalisasi data desa sebagai layanan mandiri terpadu. Kegiatan ini digelar pada Senin (27/09) dan diikuti oleh 11 perangkat desa. Bertempat di Balai Pertemuan Desa Condongsari dengan tetap memperhatikan anjuran protokol kesehatan. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari ketua Tim PHP2D Si MaCo Lili Wahyuningsih dan dilanjutkan sambutan dari Kepala Desa Condongsari yakni Cahyo Saptono, S.Si.

 

Acara inti menjadi moment yang ditunggu karena Tim PHP2D Si MaCo mengundang narasumber yang ahli di bidang digitalisasi yakni Imam Fadli, M.Kom dari Lembaga Pendidikan ProTechno Robotic School Purworejo. Acara inti dipandu oleh Nuning Rohmantika sebagai moderator. Sesi Pertama yaitu pemaparan program dari Ketua Tim PHP2D Si MaCo oleh Lili Wahyuningsih, Sesi Kedua oleh Imam Fadli, M.Kom didampingi  salah satu perwakilan dari Tim PHP2D Si MaCo Fadilla Nur Ramadhani memaparkan terkait penggunaan aplikasi digitalisasi data desa bahwa perangkat desa nantilah yang menjadi admin aplikasi Si MaCo. Seluruh kebutuhan warga terkait pelayanan administrasi surat menyurat dapat dilakukan di rumah masing-masing melalui smartphone. “ Warga tidak harus datang ke balai desa, hanya memintakan tanda tangan dan stempel saja, “ jelasnya saat  penyampaian materi. Selain dapat menjaga kerumunan, hal ini merupakan solusi di masa pandemi Covid-19. Perangkat desa Condongsari sangat antusias menerima pelatihan aplikasi Si MaCo.

 

Pelatihan aplikasi didampingi oleh Ketua ProTechno Robotic School Purworejo bersama Tim PHP2D Si MaCo

 

Perangkat desa mencoba mempraktikkan serangkaian tahapan penggunaan aplikasi Si MaCo didampingi oleh Tim PHP2D Si MaCo menggunakan android  dan juga laptop yang disediakan oleh tim. Harapannya, semoga setelah diadakannya pelatihan aplikasi Si MaCo bersama perangkat desa menjadi awal perubahan yang baik untuk  mewujudkan Desa Condongsari sebagai Sistem Smart Village. Kepala Desa Condongsari sangat menyambut baik dan hangat kedatangan mahasiswa Tim PHP2D Si MaCo Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo, “ Manfaatkan peluang ini, karena sangat jarang sekali desa mendapatkan hal serupa seperti ini, “ tuturnya saat memberikan sambutan. Tentunya setelah pelatihan ini selesai, akan ada tahap pendampingan lebih lanjut terhadap perangkat desa maupun warga desa.